banner ads

SEJARAH LAGU KEBANGSAAN INDONESIA RAYA

Sejarah-Munculnya-Lagu-Indonesia-Raya Menelusuri Sejarah Lagu Kebangsaan Indonesia Raya
Sejarah lagu Indonesia Raya merupakan salah satu bagian dari sejarah kemerdekaan Indonesia. Lagu yang diciptakan oleh Wage Rudolf Supratman ini diperkenalkan pada tanggal 28 Oktober 1928 dan baru menjadi lagu nasional setelah kemerdakaan Indonesia.
Sejarah Munculnya Lagu Indonesia Raya
Berbicara tentang sejarah lagu Indonesia raya berarti juga membicarakan tentang pencipta lagu ini, yaitu Wage Rudolf Supratman. Supratman dilahirkan pada 9 Maret 1903 di Somongari, Purworejo. Pada saat lahir, namanya hanyalah Wage, dan baru beberapa bulan setelahnya, ayahnya yang saat itu adalah sersan KNIL, Djoemono Senen Sastrosoehardjo, membubuhkan nama Supratman di nama anaknya. Nama Rudolf sendiri baru ditambahkan ketika ia dan adiknya, Rukiyem Supratiyah van Eldik pergi ke Makassar. Penambahan nama Rudolf dilakukan agar ia memiliki hak yang sama dengan bangsa Belanda, sehingga ia bisa masuk Europese Lagere School.
Supratman muda bersekolah di Budi Utomo yang pada saat itu terletak di Cimahi. Ia baru dikirim ke ELS oleh Rukiyem pada tahun 1914 karena ayahnya pensiun. Perjalanannya merintis pendidikan di ELS berhenti ketika ia dikeluarkan karena ia diketahui bukanlah keturunan bangsa Eropa. Kejadian ini mendorongnya untuk melanjutkan studi ke sekolah Malaysia. Setelah lulus dari sekolah Malaysia tersebut di tahun 1917, ia melanjutkan pendidikan di sekolah Belanda, mengambil jurusan bahasa, dan lulus pada tahun 1919. Setelahnya, ia melanjutkan ke sekolah biasa dan menjadi guru di Makassar setelah lulus.
Perjalanan hidup bermusik Supratman yang kelak menuliskan sejarah lagu Indonesia raya ini bermula ketika ia pulang ke rumah dan mempelajari teknik bermain gitar dan biola. Ketertarikan Supratman ini kemudian didorong oleh kakak iparnya, van Eldik, yang memberikannya biola sebagai kado ulang tahun ke-17 nya pada tahun 1920. Pada tahun ini juga ia dan van Eldik membentuk sebuah band bergaya jazz dengan nama Black & White dimana ia menjadi pemain biolanya.
Begitu lulus dari studi yang ia lakukan, ia sempat bekerja untuk salah satu perusahaan dagang. Ia kemudian bekerja untuk harian Kaum Muda dan Kaum Kita sebagai wartawan, dan karenanya harus pindah ke Bandung. Ketertarikan Supratman terhadap pergerakan nasional dimulai ketika ia menjadi wartawan, begitu juga rasa kesal akan penjajahan Belanda yang akhirnya ia tumpahkan semua dalam buku Perawan Desa. Buku ciptaan Supratman tersebut kemudian dilarang beredar dan disita oleh Belanda.
lagu Indonesia raya baru mulai dituliskan oleh Supratman saat ia tinggal di Jakarta. Suatu masa, ia menemukan sebuah karangan di majalah Timbul, yang mana pengarang tersebut menantang mereka yang ahli di bidang musik dan merupakan orang Indonesia untuk mencipta sebuah lagu kebangsaan. Supratman tidak menyia-nyiakan tantangan ini dan ia mulai mencoba menciptakan sebuah lagu. Akhirnya setelah sekian lama, lagu Indonesia Raya yang kelak menjadi lagu nasional ini lahir pada tahun 1924.
Era dekade 1920-an diisi dengan tahun-tahun yang penting berkaitan dengan pergerakan kemerdekaan bangsa Indonesia. Pada tahun 1912, Indische Partij dan Sarekat Islam berdiri, dan kemunculan mereka membawa pupuk yang kemudian akan mekar menjadi semangat kemerdekaan. Di tahun yang sama, Muhammadiyah juga dibentuk oleh KH Ahmad Dahlan di Yogyakarta dan Dwijo Sewoyo bersama teman-temannya membentuk Asuransi Jiwa Bersama Bumi Putera di Magelang. Tahun 1913, Suwardi Suryaningrat melakukan protes kepada pemerintahan Belanda yang merencanakan acara 100 tahun kemerdekaan mereka. Karena ini, Tjipto Mangunkusumo dan Suryoningrat diadili dan diasingkan ke kepulauan Banda.
Tahun 1918 menandakan sebuah kejadian dimana purwa-parlemen yang bernama Volksraad akhirnya mengadakan pertemuan mereka setelah dibentuk pada 1916. Anggota yang hadir ada 39 orang dengan 15 orang merupakan asli Indonesia. Di masa ini, Belanda setuju bahwa Indonesia harus merdeka suatu saat. Pada tahun 1920, terbentuklah Partai Komunis Indonesia (PKI) yang merupakan partai independen yang mengacu pada politik Eropa. Pada tahun yang sama, barulah muncul penggunaan kata “Indonesia” yang diciptakan oleh naturalis Inggris demi mengklasifikasikan etnis dan area geografis.
Pada tahun 1926, kongres pemuda Indonesia pertama diadakan di Batavia yang saat itu menjadi ibukota dari Hindia Belanda tapi tanpa hasil apa-apa meski mempromosikan ide tentang Indonesia yang bersatu. Baru pada bulan Oktober 1928, kongres pemuda Indonesia ke-2 dilaksanakan. Mendengar berita tentang akan dilaksanakannya kongres pemuda, Supratman yang saat itu adalah seorang wartawan mencoba menghubungi panitia acara untuk menulis berita tentang aktivitas yang akan mereka lakukan. Meski ia diperbolehkan menulis, pihak penyelenggara meminta agar cerita itu tidak ia publikasikan karena takut akan dilarang oleh Belanda. Supratman menjanjikan bahwa berita tentang acara tersebut tidak akan dipublikasikan, dan sebagai gantinya ia dipersilahkan mengikuti acara itu.
Kongres pemuda Indonesia kedua ini dilaksanakan sebanyak 3 sesi, masing-masing ada di tempat yang berbeda. Sesi pertama membahas tentang kongres yang diharapkan mampu menginspirasi rasa kebersatuan. Sesi kedua membahas tentang permasalahan pendidikan. Pada sesi ketiga dan terakhir, semua partisipan dipersilakan untuk mendengarkan lagu gubahan Supratman yang ia mainkan menggunakan biola. Pada waktu itu, lagu tersebut masih diberi judul “Indonesia”, dan skrip lirik tidak dibocorkan oleh Supratman karena ia merasa masih terlalu cepat untuk memberi tahu liriknya.
lagu Indonesia raya baru menjadi resmi ketika judul lagunya diganti, menyusul disebarkannya naskah asli lagu Indonesia pada 7 November 1928. Meski sudah menggunakan kalimat “lagu nasional Indonesia” untuk judulnya, baru setelah Indonesia merdeka lagu ini secara resmi menjadi lagu nasional. Ketika masa itu tiba, Supratman tidak bisa mendengarkan lagu gubahannya dinyanyikan dalam kondisi negara merdeka karena ia meninggal pada 17 Agustus 1938 disebabkan oleh penyakit yang ia derita.
Jangan Lupa follow and share ya.. sampai jumpa dan jangan lupa saksikan next artikel lainnya..
0 Komentar untuk "SEJARAH LAGU KEBANGSAAN INDONESIA RAYA"

Peraturan Dan Kebijakan Berkomentar

[-]Dilarang Berpromosi Tentang Obat Kuat,Jamu Dan Lainnya
[-]Dilarang Berkomentar Yang Bermodus Bisnis,Uang Dari Internet Dan
Lainya
[-]Dilarang Berkomentar Berbau Pornografi,Seksualitas Dan Sebagainya
[-]Dilarang Berkomentar Tentang Melecehkan Agama,Budaya,Suku Dll

Back To Top